Pages

Sabtu, 12 Mei 2012

OpenGL sebagai aplikasi yang menghasilkan komputer grafis 2D dan 3D


OpenGL adalah sebuah program aplikasi interface yang digunakan untuk mendefinisikan komputer grafis 2D dan 3D. Program lintas-platform API ini umumnya dianggap ketetapan standar dalam industri komputer dalam interaksi dengan komputer grafis 2D dan juga telah menjadi alat yang biasa untuk digunakan dengan grafis 3D. Singkatnya, Open Graphics Library, OpenGL menghilangkan kebutuhan untuk pemrogram untuk menulis ulang bagian grafis dari sistem operasi setiap kali sebuah bisnis akan diupgrade ke versi baru dari sistem.

Membuat perintah dalam OpenGL dapat terjadi dalam dua cara yang berbeda. Pertama, adalah mungkin bagi programmer untuk membuat dan menyimpan daftar perintah yang dapat dieksekusi secara berulang. Ini adalah salah satu cara yang lebih rutin untuk program interface yang digunakan. Seiring dengan berkembangnya kelompok perintah yang kurang lebih permanen, maka memungkinkan untuk membuat dan menjalankan salah satu perintah dalam batas-batas waktu dari komputer grafis.
Seiring dengan kemampuan interface dari sistem operasi, OpenGL juga menyediakan beberapa built-in protokol yang mungkin berguna bagi pengguna akhir. Di antaranya fitur alat seperti alpha blending, pemetaan tekstur, dan efek atmosfer. Alat ini dapat berinteraksi dengan sistem operasi yang sedang digunakan.
Awalnya dikembangkan oleh Silicon Graphics, OpenGL kini dianggap standar industri. Interface program aplikasi yang aktif didukung oleh Microsoft ini, menawarkan download gratis daftar OpenGL untuk digunakan pada sistem Windows. OpenGL juga bekerja sangat baik dengan Inventor Open, sebuah pemrograman berorientasi obyek alat juga diciptakan oleh Silicon Graphics.



OpengGL menyediakan banyak fungsi untuk kebanyakan grafik primitif termasuk titik, garis 
dan lingkaran. Masing-masing perintah atau fungsi dalam OpenGL mempunyai format dan 
struktur yang sama. Ini memudahkan untuk mengetahui bagaimana jalannya fungsi, 
argumen yang dibutuhkan untuk melakukannya dan format tipe datanya.  Pada tabel 1 
menunjukan contoh perintah OpenGL yang digunakan, dan tabel 2 menunjukan format 
fungsi OpenGL.

perintah-perintah dalam OpenGL




Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan.
Untuk sistem operasi Windows, library ini terdiri dari 3 files yaitu:
glut.h
glut32.lib
glut32.dl


Referensi:
www.opengl.org/
id.wikipedia.org/wiki/OpenGL





Tidak ada komentar: