Pages

Minggu, 13 Mei 2012

Face Recognition (pengenal wajah)

Teknologi Pengenalan Wajah atau Face Recognition Technology - dengan tingkat akurasi 99,7% , sangat sesuai untuk pengawasan dan keamanan di apartemen, condominium, residensial, gedung perkantoran, perbankan, pemerintahan, balai pertemuan, convention center, dan bangunan serbaguna lainnya, dengan volume dan arus verifikasi yang tinggi dan dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen tamu (visitor & reception management system), sistem keamanan & akses kontrol (security & access control), pengawasan CCTV (video surveillance) dan parkir gedung.
Berbeda dengan sistem biometrik lainnya, Facial Recognition System tidak memerlukan kontak fisik dengan alat pendeteksi, sehingga sangat sesuai untuk kebutuhan identifikasi dan verifikasi tanpa keterlibatan subjek secara langsung seperti monitoring & surveillance, dan dapat diintegrasikan dengan database akses kontrol dan keamanan seperti daftar pencarian orang (DPO), daftar cekal atau blacklist, daftar authorised personnel atau whitelist, dan sebagainya. Teknologi Pengenalan Wajah juga sangat sesuai untuk kondisi lingkungan atau tempat kerja seperti pabrik/industri, dimana penggunaan teknologi biometrik lainnya seperti sidik jari (fingerprint) akan menjadi sangat tidak praktis dan tidak efektif.
Selain untuk pengawasan dan keamanan, Face Recognition Technology juga dapat digunakan sebagai alat verifikasi untuk absensi (time attendance) di perusahaan, badan pemerintahan, institusi pendidikan, dan organisasi lainnya. Dengan karakteristik biometrik yang tidak dapat diwakilkan, diduplikasikan, atau dipalsukan, teknologi pengenalan wajah menjadi alat yang sangat efektif untuk keperluan verifikasi identitas dengan tingkat keakuratan yang tinggi. Facial Recognition juga menjadi pilihan teknologi yang tepat untuk otomatisasi sistem monitoring dan pengukuran jumlah pemirsa iklan display mapun elektronik yang dapat diterapkan sebagai bagian dari Advertising Audience Measurement.
Solusi Face Recognition Technology dari PT Aetherica Itanusa Persada (Aetherica), juga dapat diintegrasikan dengan solusi teknologi Aetherica lainnya seperti pengembangan Custom Software,Mobile Apps, CCTV SurveillanceSecurityData Protection, Aetrax GPS TrackingWeb Application Development,, serta Information and Communication Technology (ICT) Consulting.
Face Recognition 3D
Untuk mengatasi kelemahan diatas maka dikembangkanlah software pengenal wajah yang menggunakan model tiga dimensi (3D). Software ini dinyatakan memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi. Face recognition 3D menangkap foto permukaan wajah manusia secara 3D, mengenali bagian-bagian khusus pada wajah manusia yaitu jaringan otot dan tulang wajah yang menonjol, seperti bentuk cekungan mata, hidung dan  dagu. Langkah-langkah software ini dalam mengenali wajah manusia antara lain:
Deteksi : pengambilan wajah manusia dengan menscan foto 2D secara digital
Penjajaran : setelah berhasil mendeteksi , software akan menentukan posisi, ukuran dan sikap kepala
Pengukuran : software mengukur lekukan yang ada di wajah dan membuat template
Representasi : template tsb diterjemahkan ke dalam sebuah kode unik, yang mempresentasikan setiap wajah
Pencocokan : foto wajah yang  telah dipresenstasikan dan foto wajah dalam database sama-sama 3D
Verifikasi : pencocokan satu berbanding satu, contohnya : foto wajah yang diambil dicocokan dengan database dari DPO kasus perampokan. Software akan langsung memberitahukan identitas DPO tsb

Referensi :



Tidak ada komentar: